Sunday, January 4, 2015

HAPPY EPIFANI !

hello, all the christian peoples !
happy sunday, happy epifani !
sesungguhnya tulisan ini ditulis dari pagi, pas ditengah-tengah idenya mandek, kemudian gue pules :))
check this out !

this sunday morning, dengan malas-malasan bin tumben setelah gue semaleman ga bisa tidur menunggu kabar "the soul" akhirnya gue tetep memaksakan diri bangun pagi buat misa.
dengan harapan : setelah misa mendapat jawaban atas segala pertanyaan 2 malam belakangan ini.
tapi yang mau gue bahas pagi ini bukan curhatan picisan tentang ada apa gue 2 malam belakangan.
*ga mau dibahas, tapi kata pengantarnya ngebahas itu* *toyor* hohoho :p
oke, yang mau gue bahas adalah tentang Hari Raya Penampakan Tuhan atau dikenal juga sebagai Hari Raya 3 Orang Majus (Epifani).

Epifani atau Teofani berasal dari bahasa Yunani yang artinya : "penampakan jelas". Hari Raya Epifani bagi umat Katolik sedunia dirayakan sebagai Hari Raya Penampakan kelahiran Tuhan Yesus kepada tiga orang majus. Pada Hari Raya Epifani, kami umat katolik memperingati hari dimana tiga orang majus berjalan mengikuti cahaya dari bintang timur untuk bertemu dengan Bayi Yesus, Sang Juru Slamat dunia (Matius 2:1-12).

Banyak makna yang diambil dari hari raya epifani, saking banyaknya gue bingung mau ngebahas makna yang mana. hehehe. tapi yang jelas, Hari Raya Epifani bukanlah hari memperingati berakhirnya libur Natal bagi anak-anak sekolah. karna biasanya, anak-anak sekolah atau karyawan sekolahan pas selesai Misa Hari Raya Epifani pasti bilang "yahhh...liburnya udah abis". Nah, makna Epifani sama sekali bukan itu *toyor satu-satu yang ngeluhin liburannya udah abis*. gue aja dapet liburan tanggal merah doang *lah?! ngapa lu curhat, Meg?!*

Makna pertama dari Hari Raya Epifani adalah bukti bahwa cerita di Alkitab bukanlah takhayul belaka, bahwa ilmu pengetahuan juga bisa membuat kita datang kepada Tuhan. tiga orang majus adalah bukti bahwa ilmu pengetahuan dan kerendahan hati yang mereka miliki juga menghantarkan mereka pada Bayi Yesus di Betlehem.
sedikit gue ulas cerita dari Injil Matius 2:1-12.
Tiga orang Majus : Gaspar, Baltasar dan Melkior yang bukan merupakan orang Yahudi dan ahli dalam bidang astronomi datang dari negeri Timur ke Yerusalem untuk bertanya-tanya dimanakah Yesus dilahirkan? karena mereka telah melihat bintang-Nya di Timur dan hendak datang menyembah Dia. ketika mendengar kabar tersebut, Raja Herodes dan rakyat Yerusalem gempar. diselidikilah tiga orang majus tersebut oleh Herodes bersama dengan ahli-ahli taurat. setelah mendapat jawaban, akhirnya Herodes mengutus 3 orang majus tersebut untuk pergi ke Betlehem dimana Yesus dilahirkan, katanya "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia." 
kemudian, pergilah 3 orang majus itu ke Betlehem dan menemui bayi Yesus yang terbungkus kain lampin dan terbaring di palungan bersama dengan ibuNya Maria, dan Yusuf ayahNya. mereka kemudian mempersembahkan juga bagiNya emas, kemenyan, dan mur. dan karena sudah diperigatkan lewat mimpi mereka supaya tidak kembali ke Herodes, mereka kemudian pulang melalui jalan lain.

well, let us learn.
dengan pengetahuan yang mereka punya, akhirnya mereka sampai bertemu dengan Bayi Yesus. jadi, segala kemampuan dan ilmu yang Tuhan udah kasih ke kita, ya ujung-ujungnya untuk disyukuri, untuk kembali lagi padaNya. jangan sombong, tetaplah bersyukur. pengerahuan ga ada artinya kalaukita sombong dan ga mau berbagi, ga ada artinya juga kalau cuma disimpan dan ga dipakai untuk tujuan yang baik. Tuhan yang memberi, maka Tuhan juga yang pantas menerima hasilnya kembali. kita ya cuma perantara aja, right?

lesson 2: Yesus lahir untuk semua umat manusia di dunia. bukan hanya untuk orang Yahudi yang memercayainya, 3 orang majus adalah orang Timur, sama sekali bukan orang Yahudi, dan Tuhan menampakan diri kepada mereka, bukan malah kepada orang Yahudi. bagi umat kristiani, pelajaran yang kita ambil adalah : jangan sombong, dan jangan merasa Tuhan cuma buat elo doang :P
jangan sok-sokan menghakimi iman dan agama orang lain karena itu urusan Tuhan sama orangnya, sama sekali bukan urusan lo.
yang kedua, jangan pilih-pilih dalam bersosialisasi. Tuhan aja menampakan diri ke orang Timur yang jauh disana, yang bahkan bisa dibilang belum mengenalNya. ya kenapa kita harus pilih-pilih temen,

oke, the last but not the least kalo kata penulis2 keren :p
gue cuma gadis biasa yang bisa dibilang masih sotoy soal ilmu keagamaan gini. gue cuma mau berbagi pelajaran aja biar kita inget segala sesuatu di dunia ya buat kita belajar lebih baik dan lebih baik lagi. maaf kalo ada yang salah di tulisan gue ini. soalnya, ya emang agak riskan sih bicara soal Kitab Keagamaan :/
so, just enjoy !


Happy Epifani ! :)

No comments:

Post a Comment